Lima alasan menggunakan Joomla

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005, Joomla semakin berkembang dan telah menjadi pilihan utama para pengembang website berbasis CMS. Banyaknya kemudahan yang diperoleh dengan menggunakan CMS, menarik para pengembang Website untuk berbondong-bondong menggunakan produk-produk berbasis CMS, dan Joomla! merupakan pilihan utama karena beberapa alasan. Lima di antara alasan tersebut, yaitu:

  1. Joomla tidak hanya Gratis tapi juga Open Source. Satu kelebihan Joomla yang paling menonjol dan menarik banyak orang untuk menggunakannya adalah karena Joomla tersedia gratis untuk siapa saja, untuk keperluan pribadi ataupun komersial. Tidak hanya gratis apabila tidak puas dengan tampilan standar, dengan sifatnya yang Open Source, siapapun diperbolehkan 'mengutak-atik' source code Joomla sehingga menghasilkan website yang benar-benar sesuai kebutuhan dan berbeda dengan website-website Joomla lainnya.
  2. Menu-menu di website dapat dibuat secara Real Time. Siapapun sepakat bahwa menu merupakan faktor terpenting pada sebuah website. Dengan menu, setiap pengunjung website akan tau kemana harus 'melangkah' di dalam website untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya. Pada kebanyakan CMS lainnya, pembuatan menu menjadi masalah yang menyulitkan. Mungkin mudah pada saat awal membuat menu, tetapi akan menjadi mimpi buruk ketika harus memperbarui ratusan halaman website hanya untuk membuat sedikit perubahan dalam sistem menu. Masalah tersebut tidak akan pernah terjadi dengan menggunakan Joomla, cukup melakukan sedikit perubahan pada menu maka semua yang terkait akan langsung menyesuaikannya.. saat itu juga.. real time.
  3. Ribuan template dan ekstensi tambahan yang siap pakai. Selain gratis dan open source, ketersediaan ribuan template dan ekstensi yang siap pakai merupakan salah satu alasan penting lainnya yang membuat orang tertarik pada Joomla. Jarang ada software CMS yang tersedia lengkap dengan modul-modul tambahan seperti halnya Joomla. Dengan tim yang berdedikasi untuk mengembangkan Joomla yang terdiri dari ribuan pengembang di seluruh belahan dunia, ribuan template, plug-in, modul, component, dan bahasa telah tersedia dan siap untuk di-download oleh siapa saja. Kebanyakan dari template dan ekstensi tersebut disediakan gratis, kalaupun ada yang bersifat komersial biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan paket-paket komersial lainnya.
  4. Control Panel Joomla salah satu yang terbaik. Sekuat apapun sebuah produk CMS, tidak akan ada artinya apabila menyulitkan admin untuk melakukan pengelolaan website. Joomla menyediakan fasilitas pengelolaan website yang lengkap di ruang admin, mulai dari tampilan yang user friendly, kemudahan mencari fasilitas yang diinginkan, tersedianya bantuan interaktif apabila ditemukan kesulitan, dan tentu saja kelengkapan fasilitas seperti pengelolaan user, pembuatan menu, pengaturan tampilan, dan banyak lagi lainnya.
  5. Dukungan dari jutaan pengguna Joomla di seluruh dunia. Pengguna Joomla adalah salah satu yang terbesar saat ini, ini berarti bahwa dukungan terhadap pengembangan website Joomla akan mudah ditemukan dimanapun. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengelola website Joomla maka telah tersedia banyak forum komunitas Joomla, saran dan masukan gratis dari para pengguna Joomla, update Joomla (bug fixes), tempate dan source gratis lainnya. Semua tersedia setiap saat dan masalah yang dialamipun akan dapat terpecahkan.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Lima alasan menggunakan Joomla"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang postingan ini.